UTBK SBMPTN 2022 HARI PERTAMA di SMAN 1 LINGGA BERJALAN AMAN DAN LANCAR

Daik.InfoSMA-Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Kompetensi (UTBK) untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2022 di sekolah Mitra UTBK UMRAH-SMAN 1 Lingga telah dilaksanakan hari ini, Sabtu (21/5/2022).

Selama tiga hari kedepan, UTBK SBMPTN 2022 di dilaksanakan mulai tanggal 21 s.d 23 Mei 2022. Sejumlah 91 peserta UTBK akan mengikuti ujian ini SBMPTN di Laboratorium Komputer dan Laboratorium Bahasa SMAN 1 Lingga. 

Pada hari pertama (21/5/2022) ujian dilaksanakan dalam 2 sesi yaitu sesi pagi dan siang. Untuk sesi pagi dimulai pukul 07.45 s/d 11.30 WIB dan sesi siang dimulai pukul 13.00 s/d 16.45 WIB.

Sepanjang pelaksanaan UTBK di hari pertama, ujian berjalan dengan lancar sesuai dengan standar yang ditetapkan LTMPT. Tiap peserta dilakukan pemeriksaan kelengkapan berkas dan pemeriksaan dengan menggunakan metal detektor. “Penggunaan metal detektor bertujuan untuk mengecek apakah peserta UTBK membawa alat yang tidak dibolehkan yang akan menimbulkan kecurangan ” terang Dwi Septiani Putri, S.Pi.,M.Si selaku PJL UTBK. 

“Pada hari ini, ada 7 peserta yang tidak hadir dari 60 peserta. Pada Ruang 1 terdapat 1 peserta yang tidak hadir, dan Ruang 2 ada 6 peserta dari sesi 1 dan 2,”  sambungnya.

Sebagai sekolah Mitra UTBK UMRAH, SMAN 1 Lingga merupakan sekolah mitra UTBK SBMPTN yang kedua kalinya dengan tetap mempertimbangkan mobilitas peserta. Selain itu untuk di Kabupaten Lingga, sekolah Mitra UTBK-UMRAH juga dilaksanakan di SMAN 1 Singkep.

Setiap peserta UTBK harus membawa KTP, Kartu Tanda Peserta, Ijazah/SKL sebagai syarat administrasi. Peserta tidak dibenarkan membawa alat tulis, karena ATK dan kertas buram disiapkan panitia. Karena pelaksanaan UTBK masih dalam masa pandemi Covid-19i, tiap peserta wajib mematuhi Protokol Kesehatan. Semua persyaratan ini telah ditetapkan oleh Panitia Pusat UTBK SBMPTN 2022.

Kepala Sekolah, Fezi Karyadi, S.Pd.M.Pd menyampaikan pelaksanaan UTBK hari pertama. “Hari ini pelaksanaan UTBK berlangsung dengan aman dan lancar. Para peserta memenuhi persyaratan yang diwajibkan dan mematuhi protokol Covid-19,” ungkapnya.

“Dengan pelaksanan UTBK disini, kita berharap anak-anak di Kabupaten Lingga yang mengikuti UTBK akan terbantu baik dalam waktu dan biaya,” tambah Fezi Karyadi  S.Pd., M.Pd.

Hal senada juga diungkapkan oleh salah seorang peserta UTBK. “Kami sangat terbantu sekali karena pelaksanaanya di SMAN 1 Lingga, jadi kami tidak mesti ke Tanjungpinang,” ungkap Dandi peserta yang berasal dari SMAN 1 Lingga Utara. 

Begitu juga yang disampaikan oleh Ahlan siswa SMKN 1 Lingga. “Dalam segi biaya yang dikeluarkah, kami sangat terbantukan dalam transportasi untuk mengikuti ujian,” ungkapnya. 

Jumlah soal UTBK sebanyak 80 soal, dengan beberapa bentuk soal tes diantaranya tes Potensi Skolastik (TPS), tes kemampuan Bahasa Inggris, dan tes Kemampuan Akademik (TKA) Saintek/Soshum.

Dengan rasa optimis, salah satu peserta dari Kecamatan Senayang menyampaikan soal-soal yang diberikan dapat dikerjakannya. “Soal yang diberikan, Alhamdulillah bisa dijawab semua dan saya sangat optimis untuk bisa lulus,” tutup Hakim siswa dari SMAN 3 Senayang yang memilih kuliah di UMRAH jurusan Akuntansi ini. (dul)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*