SISWA SMAN 1 LINGGA IKUTI SIMULASI UJI COBA OSN-K TAHUN 2022

DAIK.InfoSMA-Siswa SMAN 1 Lingga mengikuti simulasi uji coba Olimpiade Sains Nasional-Tingkat Kabupaten (OSN-K) jenjang SMA/MA berbasis ANBK yang dilaksanakan mulai 18 s.d 19 Mei 2022 di Laboratorium Komputer SMAN 1 Lingga, Rabu (18/5/2022).

Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang merupakan agenda Nasional dari Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi ini terjadwal mulai 24 s.d 26 Mei 2022. Sama seperti pelaksanaan OSN tahun lalu (OSN Tingkat Kabupaten, Provinsi dan Nasional), pada tahun 2022 ini OSN juga dilaksanakan berbasis ANBK.

Simulasi uji coba OSN-K 2022 akan dilaksanakan selama dua hari, pada hari pertama (18/5/2022) untuk bidang lomba Fisika, Ekonomi, Geografi dan Biologi. Sedangkan di hari ke dua (19/5/2022) untuk bidang lomba Kimia, Astronomi, Kebumian, Matematika dan Informatika Komputer.

Di hari pertama, simulasi dilaksanakan untuk 4 bidang lomba yang diikuti oleh 10 orang siswa, sedangkan untuk hari kedua untuk 5 bidang lomba yang diikuti 12 orang siswa. Pada Tahun ini, ada 22 orang siswa SMAN 1 Lingga yang mengikuti OSN-K untuk 9 bidang lomba tersebut.

“Pelaksanaan simulasi uji coba OSN-K hari ini berjalan lancar. Mudahan-mudahan di hari ke-2 dan di hari pelaksanaan nantinya juga berjalan lancar,” ucap Agustiansyah, S.Pd.I.

Setelah mengikuti simulasi, salah satu peserta lomba memberikan komentar tentang pelaksanaan simulasi.

“Aplikasi yang digunakan memudahkan kami dalam mengerjakan soal karena tidak perlu menyilang jawaban dan mencoret-coret jika salah. Sedangkan soalnya, lumayan sulit tapi dapat dikerjakan dan diselesaikan,” ucap Ravindo salah satu peserta lomba bidang Fisika.

Pelaksanaan simulasi dilaksanakan dalam rentang waktu yang dimulai pukul 08.00 s.d 17.00 WIB. Pada tahap simulasi ini, siswa dikenalkan dengan sistem aplikasi dan latihan soal agar pada pelaksanaan nantinya siswa telah terlatih dan mahir.

Di ruangan berbeda, Laboratorium 2 Komputer SMAN 1 Lingga juga dilaksanakan uji coba simulasi OSN-K jenjang SMP/Mts. Ada 4 orang siswa MTs Aqidatun Najin-Daik yang mengikuti uji coba simulasi pada hari ini, dan 2 orang siswa di hari ke dua.

Pelaksanaan lomba OSN-K tinggal beberapa hari lagi. Pada lomba inj, siswa diuji kemampuan akademisnya pada 9 bidang lomba. Berbagai persiapan telah dilakukan oleh guru pembina Olimpiade Sains di tiap sekolah yang bertujuan mempersiapkan siswa untuk berkompetisi di OSN baik di tingkat Kabupaten, Provinsi atau bahkan Nasional. (dul)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*