UMRAH LAKUKAN SOSIALISASI KIP-KULIAH PADA SISWA SMAN 1 LINGGA

DAIK.InfoSMA. Siswa SMAN 1 Lingga mengikuti kegiatan sosialisasi Kartu Indonesia Pintar (KIP)-Kuliah yang dilakukan oleh Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), Selasa (12/10/2021) di Aula Wan Fauza Ronald SMAN 1 Lingga.

Kegiatan sosialisasi KIP-Kuliah dilaksanakan di ruang Aula Wan Fauza Ronald SMAN 1 Lingga mulai pukul.10.00 s.d 11.00 WIB dan berlangsung secara sederhana.

Hadir Dalam kegiatan tersebut, Kepala Biro Akademik Kemahasiswaan dan Kerjasama (BAAK) UMRAH, Ary Satya Dharma, S.Sos, M.Si, Kepala Sekolah Fezi Karyadi, S.Pd.,M.Pd, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Syafni Erida, S.Pd.I.,M.Pd.I, Wakil Kepala Bidang Humas, Linggawati  SE, Guru BK, Agustianyah, S.Pd.I, Operator PDSS, Idham Yahya, SE, Pembina OSIS, Zainal Abidin, SH, dan 42 siswa kelas XII SMAN 1 Lingga yang memiliki KIP, KPS, dan KKS.

Dalam sambutannya, Ary Satya Dharma, S.Sos, M.Si menyampaikan kurangnya peserta KIP-Kuliah UMRAH pada tahun 2020, sehingga kuota (daya tampung) yang tersedia tidak terpenuhi. “Dari data kami, daya tampung peserta KIP-Kuliah UMRAH tahun 2020 sebanyak 500 orang dan hanya terpenuhi sebanyak 300 saja. Hal ini sangat disayangkan, karena kita harus mengembalikan sebanyak 200 peserta KIP-Kuliah ke Kementerian Pendidikan dan akan diberikan pada universitas lainnya,” terang2nya.

“Kurangnya peserta KIP-Kuliah ini, dimungkinkan karena kurangnya informasi ataupun keterlambatan penyampaian sosialisasi tentang KIP-Kuliah kepada siswa. Oleh karena itu, kami pihak UMRAH mensosialisasikan lebih awal agar pada tahun ini daya tampung 479 peserta KIP-Kuliah UMRAH 2021 bisa terpenuhi,” tambahnya saat memberikan materi.

Sementara itu, dalam sambutannya Fezi Karyadi, S.Pd.,M.Pd mengharapkan agar seluruh siswa dapat mengikuti sosialisasi dengan baik. “Kegiatan sosialisasi ini harus diikuti dengan baik, agar siswa saat mendaftar sebagai peserta KIP-Kuliah tidak terjadi kesalahan sehingga menutup peluang peluang mendapatkan beasiswa KIP-Kuliah,” kata Kepala SMAN 1 Lingga ini.

Banyak manfaat dan fasilitas yang didapatkan penerima KIP-Kuliah, di antaranya bebas biaya pendaftaran dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Selain itu peserta yang lulus masuk perguruan tinggi akan dibebaskan biaya pendidikan dan juga menerima subsidi biaya hidup tiap bulan sesuai dengan pertimbangan biaya hidup di masing-masing wilayah.

Selain memberikan paparan materi KIP-Kuliah, pada kegiatan sosialisasi ini juga diberi kesempatan kepada siswa maupun guru yang ingin bertanya. Beberapa pertanyaan disampaikan oleh siswa, operator PDSS, guru, dan Kepala  Sekolah yang berkaitan dengan KIP-Kuliah agar siswa dan pihak sekolah memahami jalur dan persyaratan mendapatkan KIP-Kuliah.

Sosialisasi KIP-Kuliah disampaikan dengan singkat dan sederhana, dan diharapkan siswa dapat memahami materi dengan baik. Diawali dengan kata sambutan oleh kepala sekolah, kata sambutan dari Kepala BAAK UMRAH sekaligus menyampaikan materi, kemudian memberikan kesempatan untuk melakukan tanya jawab, dan ditutup dengan foto bersama. (syaf)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*