SISWA SMAN 1 LINGGA IKUTI SIMULASI SKALA BESAR UBKD

DAIK.infoSMA–Sosialisasi Kegiatan Simulasi Skala Besar (SSB) UBKD untuk siswa SMAN 1 Lingga yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada hari Rabu (25/11/2020), di Laboratorium Komputer SMAN 1 Lingga.

Simulasi yang diperuntukkan bagi siswa kelas XI ini sempat ditunda dari jadwal semula yaitu pada pukul 10.00 WIB, yang disebabkan gangguan server pusat. Kegiatan simulasi dapat terlaksana pada pukul 12.05 WIB setelah siswa selesai melaksanakan ujian semester ganjil.

Lima orang siswa kelas XI yang mengikuti simulasi ini dipilih oleh sekolah dan siswa ini merupakan perwakilan dari masing-masing kelas. Keterwakilan siswa pada peminatan IPS sebanyak 3 orang, dan peminatan MIPA sebanyak 2 orang.

Proktor Sekolah dalam pelaksanaan Simulasi, Idham Yahya, SE. menerangkan kendala dalam pelaksanaan SSB tersebut. “Memang awalnya dijadwalnya pada pukul 10.00 WIB  namun karena gangguan server pusat, maka pelaksanaan di undur hingga pukul 12.05 WIB setelah siswa selesai menempuh ujian hari ini”, terangnya.

Salah satu peserta simulasi, Raden Rangga Bahtian (Peminatan IPS) menanggapi tentang soal yang diuji dalam SSB. “Soalnya ada 3 bentuk, ada pilihan ganda, esay, dan pilhan benar atau salah. Jumlah total soal 24 butir dan dikerjakan dalam waktunya 60 menit. Saya bisa mengerjakan soal tersebut, dan tidak sulit dalam mengoperasikannya”,

Idham Yahya juga membenarkan tentang bentuk-bentuk soal yang diuji. “Soal yang ditampilkan lebih bervariasi, ada wacana,, esay, objektif, ade pernyataan benar atau salah”, terangnya.

Kendala dalam mengerjakan soal juga di temukan dalam simulasi tersebut. Nadila Febriana, siswa Pemintan MIPA mengeluhkan dalam mengerjakan soal.  “Wacananya panjang-panjang, untuk soal esay, kolom jawabannya hanya  bisa diisi beberapa karakter kata saja. Sementara kami masih belum selesai menjawabnya”, ungkapnya.

Simulasi SSB dilaksanakan dalam rangka persiapan pelaksanaan Assesmen Nasional tahun 2021. Siswa yang diikutkan dalam simulasi ini didaftarkan oleh proktor sekolah yang ditunjuk melalui laman ubk.kemdikbud.go.id/ubkd.

Kegiatan SSB dilaksanakan bersama Kemedikbud, Pusat Assesmen dan Pembelajaran, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, yang diperuntukkan bagi siswa jenjang SMK/MAK kelas XI, SMA/MA kelas XI, SMP/MTs kelas VIII, dan SD/MI kelas IV. (dul)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*