10 SISWA IKUTI LOKAKARYA GRAFFIKA 2020

InfoSMA. Lokakarya Graffika 2020 yang dilaksanakan secara Daring di Labor TIK SMAN 1 Lingga telah dimulai Selasa s.d Rabu, 17 s.d 18 November 2020.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Provinsi Kepulauan Riau, dengan rangkaian kegiatan Apresiasi foto dan film kebudayaan di kalangan SMA sederajat untuk wilayah kerja UPT Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yaitu Provinsi Kepulauan Riau, Jambi, Kepulauan Bangka Belitung, dan Riau.

Siswa SMAN 1 Lingga  yang ikut dalam kegiatan tersebut sebanyak 10 orang dan 1 orang guru pendamping. Undangan kegiatan diperuntukkan bagi sekolah yang siswanya

mengikuti lomba foto ataupun film. Sebelumnya, siswa SMAN 1 Lingga mengikuti Lomba Film Dokumenter yang diadakan BPNB dengan 2 judul film, yaitu “Bukit Sinyal” karya Bisma dan Egi, dan “Bersama Akan Lebih Indah” karya Dwitama Angga Nugraha Saputra.

Dwitama Angga Nugraha Saputra, menyampaikan ketertarikannya dalam mengikuti Lokakarya Graffika. “Saya tertarik dan ingin tahu lebih jauh tentang cara mengedit video, aplikasi apa yang digunakan, dan bagaimana cara membuat alur cerita menjadi menarik”,  ujarmya.

Sherly Novianti juga menyampaikan apa yang diperolehnya setelah mengikuti kegiatan. “Dengan Lokakarya Graffika, saya bisa mengetahui apa itu film dokumenter, industri konten di Era Digital dan mobil photograph”, ujar siswa yang saat ini berada di kelas XII MIPA ini.

Sedangkan Safrul Haizi menyampaikan kesannya terkait kegiatan yang diikutinya. “Alhamdulillah, dengan lokakarya Graffika ini, saya jadi lebih tau cara mengambil gambar, dan memegang kamera dengan benar”, terang Ketua OSIS ini.

Sementara itu, Asrul  S.Pd selaku pendamping siswa juga menyampaikan tentang ilmu yang diperolehnya setelah kegiatan tersebut. “Saya selaku pembimbing Ekskul Film, dalam kegiatan lokakarya Graffika ini, saya mendapatkan ilmu baru tentang dunia perfilman, bagaimana teknik pengambilan gambar, serta bagaimana mempersiapkan produksi film”, terangnya.

“Harapan kedepannya agar SMA Negeri 1 Lingga, dapat lebih maju dan berprestasi lagi dalam pembuatan film”, tutupnya.

Sebelum kegiatan Lokakarya Graffika ini di tutup, akan diumumkan juga pemenang-pemenang lomba foto dan film dokumenter. (dul)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*