SISWA MPK DAN OSIS BELAJAR BERSAMA DI MUSEUM LINGGAM CAHAYA

InfoSMA. Kegiatan belajar bersama siswa SMAN 1 Lingga di Museum Linggam Cahaya dilaksanakan di Gedung LAM Kabupaten Lingga pada Jumat (14/11/2020), pukul 09.00 s.d 11.00 WIB.

 Kegiatan ini dilaksanakan oleh Dinas Kebudayaan Kabupaten Lingga. Diawali dengan  penyampaian materi kemudian dilanjutkan dengan praktek tentang pemakaian kain samping untuk busana melayu Lingga.

Peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 20 siswa SMAN 1 Lingga yang tergabung dalam organisasi OSIS dan MPK.

Mereka mengikuti kegiatan dengan menggunakan pakaian kurung melayu dan membawa kain samping.

Dalam sambutan, Paridah selaku Kasi Permuseuman Dinas Kabudayaan menyampaikan tujuan belajar bersama. “Tujuan kegiatan ini untuk mengenalkan pemakaian kain samping pada baju kurung melayu, kami berharap siswa yang mengikuti kegiatan ini dapat membagikan ilmu kepada siswa yang lain”,  ujarnya.

Sabran Okta, selaku narasumber dalam kegiatan ini menyampaikan cara ikat kain samping yang benar. “Kebanyakan kita kurang mengerti cara memakai kain samping yang benar, adab memakai kain, dan apa maknanya,” terangnya.

Ikhsan Mohriansyah, salah satu peserta menyampaikan pengetahuannya setelah mengikuti kegiatan. “Dengan mengikuti kegiatan di museum, saya mendapatkan ilmu dan pengalaman, cara mengikat kain samping dalam pemakaian sepersalinan baju melayu”, terang siswa yang duduk di kelas XI MIPA ini.

Ada dua cara ikat pemakaian kain samping baju kurung melayu yang dikenalkan di kegiatan tersebut, yaitu Ikat kain Teruna dan ikat kain Teruna Mencari Jodoh.

Harapannya, kegiatan yang lebih menekankan pada praktek ini, dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan  yang cukup kepada siswa dalam menggunakan kain samping pada baju kurung melayu. (dul)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*