KSN-P tingkat Provinsi Telah di Gelar

InfoSMA. Kompetisi Sains Nasional Tingkat Provinsi (KSN-P) secara online telah di gelar secara nasional sejak tanggal 10 Agustus 2020 dan akan berakhir pada 14 Agustus 2010.

Tidak seperti pada tahun-tahun sebelumnya,  KSN-P tahun ini dilaksanakan secara online melalui laman http://sma.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/KSN. Sebelum pada KSN-P digelar secara Nasional, uji coba KSN-P tahap 1 dan 2 telah dilaksanakan pada bulan Juli 2020.

Pada KSN-P tahun ini, ada dua  orang peserta didik SMAN 1 Lingga yang ikut dalam kompetisi tersebut yakni Zilfa Febriyana Putri (Bidang Astronomi) dan Raden Rangga Bahtiar (Bidang Kebumian) yang lolos pada seleksi KSN-Kabupaten Lingga di bulan Maret yang lalu.

Pelaksanaan lomba sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Pada Selasa (12/08/2020) Zilfa Febriyana Putri mengikuti lomba bidang Astronomi selama 3 jam yang dimulai pukul 11.00 s.d 14.00 WIB. Sedangkan

Raden Rangga Bahtiar yang mengikuti lomba bidang Kebumian dilaksanakan hari Kamis (13/08/2020) selama 3 jam mulai pukul 11.00 s.d 13.00 WIB.

Beberapa persiapan telah dilalui peserta, baik persiapan materi maupun mental dalam mengikut lomba. Ada yang merasa senang dan asyik, dan ada juga yang menyampaikan soalnya sulit diselesaikan.

“Kami mengejakan soal yang dibatasi dengan waktu, untuk soal objektifnya bisa saya kerjakan namun soal esey nya sulit”,  tutur Zilfa yang mengikuti lomba bidang Astronomi.

Sementara peserta lomba bidang Kebumian juga menyampaikan tanggapannya terhadapan KSN-P ini. “Saya senang dan bangga bisa ikut lomba ini, memang sulit dalam menjawab soal, namun saya tertantang untuk mengikutinya lagi. Mudah-mudahan di tahun depan saya bisa ikut KSN kembali”, kata Raden yang saat ini ia berada di kelas XI. Kegiatan lomba melalui Puspresnas pada saat ini akan dilaksanakan secara online. Dalam waktu dekat akan ada lomba-lomba lainnya seperti FLS2N dan LDBI/NSDC tingkat provinsi yang juga akan dilaksanakan secara online. Yang selalu menuntut peserta mengutamakan kejujuran dalam berkompetisi. #Jujur itu Juara# (dul)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*