IHT Aplikasi berbasis Android e_smansa Lingga dalam Pembelajaran Jarak Jauh

InfoSMA. Kegiatan In House Training (IHT) aplikasi berbasis Android e_smansa Lingga telah berlangsung dengan baik dan lancar pada hari Selasa (11/08/2020) di laboratorium TIK SMAN 1 Lingga.

Kegiatan yang berlangsung selama 5 jam ini, telah dibuka oleh Fezi Karyadi, S.Pd.M.Pd selaku Kepala Sekolah SMAN 1 Lingga tepat pada pukul 08.45 WIB dengan nara sumber Bapak Azrani Ery Saputra yang merupakan COE www.MTech.online dan merupakan putra daerah Kabupaten Lingga yang berasal dari Dabo Kecamatan Singkep.

IHT ini merupakan kelanjutan dari kegiatan Pesantren Ramadhan Online SMAN 1 Lingga yang dilaksanakan pada bulan April tahun 2020 dan kegiatan IHT online pembuatan soal Penilaian Akhir Semester (PAS) melalui Google Form dan Microsoft  Form yang telah dilaksanakan pada bulan Mei tahun 2020 yang lalu.

Kegiatan IHT dimulai dari penyampaian materi pemanfaat IT dalam pembelajaran dilanjutkan dengan penjelasan menu-menu yang tersedia dalam e_smansa Lingga serta bagaimana cara mengisi materi/bahan pembelajaran dalam aplikasi tersebut. Beberapa menu akan ditampilkan pada aplikasi e_smansa Lingga ini diantaranya info SMAN 1 Lingga, e_Guru, e_Ramadhan, Galeri SMAN 1 Lingga, Student Jobdesk, dan Game Education.

Untuk mendapatkan informasi tentang sekolah yang ditampilkan melalui website resmi sekolah (www.sman1lingga.sch.id) dapat diperoleh dari menu info SMAN 1. Sedangkan dalam pembelajaran, Bapak/Ibu Guru memiliki ruang tersendiri yang telah disediakan pada menu e_Guru. Pada menu ini, seluruh bahan pembelajaran maupun tugas setiap mata pelajaran dapat dimasukkan pada menu e-Guru.

Aplikasi android e_smansa Lingga akan digunakan dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) SMAN 1 Lingga setelah aplikasi ini disosilasiasikan kepada seluruh peserta didik. Pada saat ini PJJ yang diterapkan di sekolah secara Daring (Video Conference) melalui Aplikasi CloudX dan Luring melalui Whatsapp Grup dan Google Clasroom. Kedepannya, aplikasi e_smansa Lingga menjadi alternativ pembelajaran Luring di SMAN 1 Lingga yang tentunya setelah Bapak/Ibu Guru dan peserta didik memahami dalam penggunaan dan penerapannya. 

Diakhir kegiatan IHT e_smansa Lingga (setelah Isoma), diberikan juga materi tentang Microsoft Education. Pada penyampaian materi ini SMAN 1 Lingga mengundang 1 orang guru dari sekolah-sekolah terdekat diantaranya SMPN 2 Lingga dan SMPN 3 Lingga.

Untuk penerapan dalam pembelajaran baik PJJ maupun tatap muka dikelas, seluruh peserta didik dan guru SMAN 1 Lingga akan menginstall aplikasi android e_smansa Lingga ini melalui aplikasi Playstore pada smartphone masing-masing.

Peserta didik harus diberikan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan kompetensinya. Oleh karena itu, kita harus berinovasi memilih teknologi yang sesuai dengan pembelajaran. Tren belajar ke depan adalah teknologi dijadikan alat untuk meng-encourage siswa sehingga muncul inovasi dan semangat dalam belajarnya. (www.kemdikbud.go.id, https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/02/kemendikbud-giatkan-pembelajaran-berbasis-teknologi). (dul)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*