PJJ dan Pola Pembelajaran Daring SMAN 1 Lingga

Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) secara Daring dan Luring di SMAN 1 Lingga berlangsung dengan baik dan lancar. (Senin, 20-07-2020).

Pembelajaran Daring dimulai pada pukul 07.30 WIB dan berkahir pada pukul 12.00 WIB. Senin ini, pembelajaran Daring diberikan pada rombongan belajar (rombel) kelas X. Selama 3 hari mulai Senin sampai dengan Rabu, peserta didik kelas X akan belajar secara daring melalui video conference dengan menggunakan aplikasi Telkomsel CloudX.  Sementara itu untuk peserta didik kelas XI dan XII, mereka belajar secara Luring.

Selanjutnya, peserta didik kelas XI  akan belajar secara daring selama 3 hari setelah pembelajaran Daring kelas X berakhir. Mereka memulai pembelajaran pada hari Kamis dan berakhir pada hari Sabtu. Begitu juga untuk kelas XII, mereka juga mengukuti pembelajaran daring selama 3 hari setelah pembelajaran kelas XI selesai. Peserta disik Kelas X akan belajar kembali setelah kelas XII selesai, dan begitu seterusnya.

Secara periodik pertemuan pembelajaran Daring SMAN 1 Lingga berlangsung selama 3 hari dan Luring selama 6 hari. Pola ini berlaku untuk seluruh kelas X, XI, dan XII.

Tiga ruang/Room disiapkan untuk memfasilitasi Bapak dan Ibu guru dalam mengajar. Satu Room diperuntukkan untuk 2 rombel peminatan MIPA dan dua Room untuk 4 rombel peminatan IPS. Begitu juga untuk rombel kelas XI dan XII.

Pembelajaran Daring/Luring melalui video conference/whatsapp grup menjadi cara pembelajaran yang baru diterapkan di sekolah (dimasa pandemi Covid_19). Kreativitas dan inovasi dalam penerapan pembelajaran menjadi tantangan bagi pendidik agar pembelajaran menjadi lebih efektif. Namun tidak dapat dipungkiri  proses PJJ juga memiliki kendala, salah satu kendalanya adalah lemahnya sinyal internet pada beberapa daerah. Namun dari hasil kunjungan pihak sekolah ke daerah tersebut, peserta didik dan orang tua/wali tetap mendukung PJJ yang diterapkan. Mereka berupaya ke daerah yang memiliki sinyal internet yang baik guna mengikuti pembelajaran secara Daring.

Peran Sekolah, Pemerintah, Orang Tua/Wali, dan Masyarakat sangat diperlukan untuk pendidikan saat ini. Semoga… (dul)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*