PLS Wujudkan Peserta Didik Kenal Lingkungan Sekolah

InfoSMA. Selama tiga hari kedepan dimulai pada tanggal 13 s.d 15 Juli 2020, kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) SMAN 1 lingga dilaksanakan.
PLS akan dilaksanakan secara Daring (dalam jaringan) dan Luring (luar jaringan)melalui aplikasi video cenference (Google Meet) dan Whatsappp Grup.

Pada hari ini (13 Juli 2020) pukul 08.00 WIB bertempat di Laboratorium TIK SMAN 1 Lingga, acara pembukaan PLS telahpun dilaksanakan. Dengan dihadiri Kepala Sekolah, wakil Kepala Sekolah, Panitia PLS, Komite Sekolah, perwakilan Orang Tua/Wali, perwakilan peserta didik baru, serta pengurus OSIS dan MPK, pembukaan PLS dapat belangsung dengan baik dan lancar. Susunan acara pembukaan dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan sambutan dari ketua pelaksana, kepala sekolah, komite sekolah, serta dilakukannya penyerahan peserta didik baru secara simbolis dari orang tua wali ke sekolah, dan diakhiri dengan pembacaan Doa.

Penyematan Tanda Peserta oleh Kepala Sekolah

Tujuan umum dilaksanakan PLS adalah memberikan kesan positif menyenangkan kepada peserta didik baru tentang lingkungan sekolahnya. Hal yang diharapkan dari kegiatan ini diantaranya adalah terbentuknya peserta didik yang mampu beradaptasi di lingkungan sekolah, terciptanya hubungan sosial yang baik seluruh warga sekolah, serta menyiapan mental peserta didik dalam pembelajaran nantinya.
Materi dan teknis pelaksanaan PLS yang diberikan sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya. Dikarenakan Pandemi Covid_19 membuat pelaksanaan PLS secara Daring, selain materi utama yang diberikan seperti pendidikan karakter, wawasan wiyata mandala, kurikulum sekolah, dan tata tertib sekolah, hak dan kewajiban Anak, ada penambahan materi juga dilakukan di tahun ini diantaranya materi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), Cara Belajar efektif dirumah, dan Pentingnya mejaga protokol kesehatan masa pandemi covid_19 dalam beraktivitas.

Penyampaian Materi Protokol Kesehatan Pada Masa Pandemi dari Dokter Puskesmas Daik

Nara sumber yang memberikan materi tentunya melibatkan orang-orang yang berkompeten dibidangnya. Materi kesehatan disampaikan oleh utusan dari Puskesmas Daik Lingga, hak dan kewajiban anak diisi oleh Ketua KPPAD Kabupaten Lingga, serta materi lainnya melibatkan Bapak dan Ibu Guru di sekolah.

Memang kegiatan PLS tahun ini sangat berbeda dari tahun sebelumnya. Sekolah diharuskan melakukan PLS secara daring, dimana peserta didik mengikut PLS cukup berada dirumah tanpa harus ke sekolah seperti biasanya.
Informasi yang diperoleh dari Fezi Karyadi, S.Pd.M.Pd selaku kepala SMAN 1 Lingga tentang proses pelaksanaan PLS secara Daring. “Pagi ini kami baru siap melaksanakan pembukaan PLS. Mudah-mudahan selama 3 hari, peserta didik dapat mengikuti kegiatan PLS ini dengan disiplin dan tertib. Kami yakin anak-anak dan orang tua memahami kondisi ini, sehingga kita bersama-sama selalu mendukung program yang dilakukan sekolah”, katanya.

Lancarnya pelaksanaan PLS secara daring ini juga diungkapkan oleh Syafni Erida, M.Pd.I selaku Waka Kesiswanan sekaligus Ketua Pelaksana PLS.
“Persiapan telah kami lakukan dalam beberapa hari setelah ditutupnya proses PPDB. Kami punya waktu 3 hari melakukan persiapan dimulai dari pembagian kelompok, pembentukan Grup Whatsapp, pembuatan Ruang Video Conference Google Meet, dan uji coba 1 hari sebelum hari H. Dan pada hari ini, Alhamdulilah acara pembukaan dapat berlangsung dengan lancar”, ungkap Syafni Erida.
Sementara itu dari pengelola Laboratorium TIK, Agustiansyah, S.Pd.I menyampaikan bahwa beberapa persiapan telah dilaksanakan semaksimal mungkin dan harapannya selama kegiatan PLS dapat berlangsung tanpa kendala.

” Persiapan telah kami lakukan baik dari perangkat komputer, pengaturan aplikasi, dan jaringan internet. Mudah-mudaham sampai akhir kegiatan PLS tidak ditemukan kendala yg berarti” ujarnya.
Dengan keterbatasan dan kesiapan sekolah saat ini tidak menyurutkan semangat pihak sekolah untuk terus mewujudkan proses KBM secara Daring/Luring agar lebih efektif. (dul)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*