PENERAPAN DEMOKRASI DI SEKOLAH, SMAN 1 LINGGA MENGADAKAN PEMILIHAN KETUA DAN WAKIL KETUA OSIS PERIODE 2018/2019

Oleh: Nugraheni Dwi Agustin,S.Pd

Pemilihan calon Ketua OSIS dan wakil Ketua OSIS pada Sabtu (8/12/18) mewarnai aktivitas siswa di SMA Negeri 1 Lingga seusai melaksanakan Ujian Semester Ganjil. Sebuah animo yang cukup besar tengah dirasakan oleh setiap pasangan calon menjelang pemungutan suara.

Pada periode ini diusung empat kandidat diantaranya yaitu pasangan nomor urut 1 diisi oleh Yoka sebagai ketua dan wakilnya Heni. Paslon ini memiliki misi menjalankan kegiatan ektrakurikuler untuk mewujudkan visi dan misi SMAN 1 Lingga dan melanjutkan program-program kerja kakak OSIS sebelumnya yang belum terealisasi serta meningkatkan kinerja OSIS SMAN 1 Lingga.  Satu-satunya perwakilan suara perempuan dimiliki oleh pasangan calon nomor urut 1 ini.

Pasangan nomor urut 2 yaitu Revi sebagai ketua dan wakilnya Yasil. Paslon ini memiliki tujuan menjalankan solidaritas yang tinggi antara anak IPA dan IPS serta menjaga kedisiplinan sekolah.  Sama halnya degan pasangan nomor urut 3 yaitu diketuai oleh Qeis dan wakilnya Ilham memiliki visi dan misi yang hampir sama yaitu untuk menjaga silaturrahmi antara anak IPA dan IPS serta mengebangkan minat dan bakat siswa dalam menjalankan organisasi.

Pasangan nomor urut terakhir yang diketuai oleh Wafiq dan wakilnya Syam memiliki misi yang lebih panjang dan mendetail. Keduanya menekankan  sisi religius, nasionalis, disiplin, cendikia, berpendirian dalam IPTEK dan IMTAQ. Selain itu kreatif dan unggul. Pasangan ini juga menyusun program untuk meningkatkan kebersihan lingkungan sekolah menumbuhkan minat baca serta memajukan gerakan pramuka. Cukup banyak bukan.

Orasi setiap pasangan calon dilakukan di Aula SMAN 1 Lingga dengan tertib acara dipandu oleh MC bernama Marlisa Fianti yang juga merupakan anggota MPK, pembacaan doa oleh Aldiansyah yang menjabat sebagai anggota Rohis, kata sambutan dari Waka Kesiswaan Ibu Syafni Erida S.PdI.,M.PdI, dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Osis periode 2017/2018 Muhammad Fadil, pengenalan paslon sesuai nomor urut, dan terakhir dilakukan sesi tanya jawab dari masing-masing paslon.

Sebagai Ketua OSIS terpilih periode 2017/2018, M. Fadli sangat mengharapkan kegiatan ini menghasilkan sosok Ketua dan wakil ketua OSIS yang terbaik dan dapat menjadikan SMA Negeri 1 Lingga sebagai sekolah yang lebih maju dari sebelumnya. Ia pun mengucapkan banyak syukur dan berterimakasih atas bimbingan para guru pembina OSIS yang telah ikut serta dalam membantu menjalankan program kegiatan OSIS. Dia pun menyampaikan rasa terimakasih atas kerja sama anggota OSIS dan MPK masa bakti 2018. Meskipun dalam sesi debat dan tanya jawab suasana mengangkan sempat dirasakannya. ”Terjadi perdebatan yang cukup sengit antara paslon dengan rekan-rekan yang hadir.” Ujarnya.

Mengingat kegiatan pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS memiliki rentetan agenda yang cukup banyak, maka pemungutan suara tidak dilakukan seklaigus melainkan pada hari Sabtu, 15 Desember mulai dari pukul 09:00 wib dilanjutkan dengan penghitungan suara di hari yang sama sebelum pengumuman hasil belajar semester ganjil dimulai. Menggunakan surat suara yang dikumpulkan dari panitia pemungutan suara menghasilkan kemenangan oleh paslon nomor urut 1yaitu Yoka dan Heni. Selanjutnya pelantikan Ketua OSIS dan Wakilnya berserta pengurus terpilih akan dilakukan bulan Januari 2019, begitu saran Ibu Syafni.**NG

M.Fadil Selaku Ketua OSIS periode 2017/2018 menyapaikan sambutan

Ibu Syafni Erida ,S.Pd.,M.Pd menyampaikan sambutan dan pengarahan

Pembawa acara Marlisa Fianti

Pembacaan doa dipimpin oleh Aldiansyah

MC memandu acara debat paslon OSIS periode 2018/2019

Antusiasme para siswa SMAN 1 Lingga mengikuti kegiatan debat paslon OSIS periode 2018/2019

Penghitungan suara dirasakan sangat menegangkan oleh setiap pasangan ketua OSIS.

Persiapan sebelum penghitungan suara masing-masing Paslon OSIS

Panitia pemilihan ketua OSIS membuka surat suara dari peserta pemilih untuk menghitung jumlah suara setiap paslon.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *