CERMATI HASIL BELAJAR MELALUI PEMBAGIAN RAPOR SEMESTER GANJIL SMAN 1 LINGGA T.P 2018/2019

Oleh: Nugraheni Dwi Agustin,S.Pd.

 

Sabtu, 15 Desember 2018, SMAN 1 Lingga mengadakan penyerahan hasil evaluasi belajar semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 kepada seluruh siswa dari kelas X, XI dan XII. Kegiatan ini dimulai pukul 10:30 wib setelah sebelumnya diawali dengan sejumlah agenda dari OSIS berupa penghitungan suara pemilihan ketua OSIS dan penyerahan hadiah juara class meeting cabang olahraga voli.

Ada yang berbeda dari pengumuman hasil evaluasi belajar pada semester sebelumnya yaitu, karena tahun ini kelas XII merupakan kelas terakhir yang menggunakan kurikulum KTSP, maka siswa di tingkat tersebut masih menyandang predikat juara kelas mulai dari juara 1, 2 dan 3. Sedangkan untuk kelas X dan XI yang telah menggunakan kurikulum 2013, mereka yang memiliki jumlah nilai tertinggi dengan rata-rata tertinggi diberi apresiasi dengan sebutan “capaian perolehan nilai terbaik”.

Sebelum pengumuman hasil belajar, Kepala Sekolah SMAN 1 Lingga Bapak Fezi Karyadi menghimbau agara rapor tersebut dapat dilihat bersama orangtua masing-masing siswa. Tujuannya adalah sama-sama mengerti dan membenahi apa saja yang harus ditingkatkan atau dipertahankan nantinya. Selain itu, Kepala Sekolah juga menegaskan bahwa siswa dalam semester satu ini masih ada yang sepertinya lupa dengan tugas dan kewajiban. Beliau mendapat laporan dari guru tentang masih adanya siswa yang tidak mengumpulkan tugas, tidak tuntas dalam ujian dan ini sangat disayangkan. Semuanya terjadi sebelum ujian semester dilaksankan.

Selanjutnya beliau menambahkan, “Sementara itu perlu diketahui bahwa penilaian ini berpengaruh pada kenaikan kelas di semester dua. Harapannya adalah disemester dua nanti siswa mau lebih aktif, lebih mawas diri mengecek kembali apa saja kegiatan belajar pada semester yang lalu.”  Beliau juga menghimbau dengan contoh bila ada siswa yang tidak mengumpulkan tugas sehingga nilainya tidak masuk agar siswa bersangkutan menghadap gurunya dan menyerahkan tugas. Namun apabila nilai tersebut tidak mencapai KKM yang ditentukan siswa meminta remedialnya. Jangan dilalaikan sampai ujian semester. Akhirnya siswa yang seperti itu dicari untuk melengkapi tugas.

Untuk ketuntasan di semester dua, siswa diharapkan bisa menghitung sendiri ketuntasannya dengan cara menjumlahkan perolehan nilai pada semester satu dengan semester dua lalu dibagi dua. Jika mata pelajaran peminatan tidak tuntas maka dipastikan tidak naik kelas. Satu saja mata pelajaran peminatan tidak tuntas misalkan dipeminatan IPA ada mata pelajaran fisika, kimia atau biologinya dan ternyata ada yang tidak tuntas setelah dijumlahkan semester satu dan dua lalu dirata-ratakan ternyata memang tidak mencapai KKM maka dipastikan siswa mempunyai tiket untuk tidak naik kelas. Begitu juga hal yang berkaitan tingkah laku, etika, sikap dan religiusnya pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dan Agama Budi Pekerti ” Tegas beliau.

“Tolong dicermati betul-betul sehingga tidak ada lagi Bapak/Ibu guru yang mencari kamu untuk melengkapi tugas, Jadi kamu lebih aktif. Saya kira ini pengumuman yang perlu kamu cermati agar di semester dua tidak ada lagi siswa kita yang dicari untuk melengkapi tugas hasil belajar atau mengikuti tes ulang.” Kepala sekolah juga menambahkan agar semester depan dapat merubah perankingan itu dengan nama perolehan nilai terbaik.Jadi tidak lagi kata rangking siapa itu yang juara satu, dua dan tiga mengingat pembelajaran kurikulum 2013. “Jadi tahun ini ada beberapa perubahan dan harap dimaklumi. Perlu disampaikan kepada orangtua bahwa perubahan ini disesuikan dengan perubahan kurikulum. Jadi jangan ditanyakan kenapa ada perbedaan dari tahun lalu dengan tahun ini.” Tambah beliau.

Pak Fezi Karyadi juga menyampaikan ucapan selamat kepada anak yang memperoleh nilai terbaik. Beliau mengapresisi karena ini diharapkan menjadi motivasi bagi siswa yang lain karena belum mencapai hasil yang maksimal. Kepada kelas XII beliau menghimbau mengingat ujian sekolah semakin dekat agar dalam libur nanti siswa menjaga kesehatan dan hal lainnya supaya fokus ujian nasional dibulan April dan Mei. “Memanfaatkan betul waktu belajar dan liburan ini jangan terlena dengan kegiatan-kegiatan yang tidak bermanfaat.” Selain itu beliau juga mengharapkan agar siswa/i displin dalam jadwal masuk sekolah setelah libur,”Jangan cuti duluan dan libur belakangan. Sehingga terlambat masuk sekolah. Kita mulai libur besok (17/12 red) sampai dengan 1 Januari 2019. Tanggal 2 Januari sudah masuk kembali. Tanggal 2 sudah belajar seperti biasa. Jangan ditambah cuti bersama.” Himbau beliau sekali lagi diakhir sambutannya.

Kemuadian acara dilanjutkan dengan pengumuman perolehan nilai terbaik oleh wakakurikulum Ibu Linggawati ,SE. Penyerahan piagam, piala dan uang saguhati langsung oleh walikelas secara berjenjang mulai dari kelas X MIPA 1 hingga XII IPS 4. Diakhir cara sempat dilakukan sesi foto bersama seluruh juara kelas untuk kenang-kenangan dan motivasi kepada semuanya agar lebih giat belajar dan berpestasi.**NG.

Penyerahan Nilai Terbaik Kelas X-MIPA 1 oleh walikelas Ibu Nugraheni Dwi Agustin,S.Pd.

 

Penyerahan Nilai Terbaik Kelas X-MIPA 2 oleh walikelas Ibu Susmawati,S.Pd.

Penyerahan Nilai Terbaik Kelas X-IPS-1 oleh walikelas Ibu Yeni Afrita S.Pd.

Penyerahan Nilai Terbaik Kelas X-IPS-2 oleh walikelas Bapak Yusfalizar S.Pd.

Penyerahan Nilai Terbaik Kelas X-IPS-3 diwaliki oleh Bapak Indra Sukma S.Pd.

Penyerahan Nilai Terbaik Kelas XI-MIA-1 oleh Ibu Armiyani S.Pd.

Penyerahan Nilai Terbaik Kelas XI-MIA-2 oleh Ibu Roswita S.Pd

Penyerahan Nilai Terbaik Kelas XI-IIS-1 oleh Bapak Ariansyah S.Pd.

Penyerahan Nilai Terbaik Kelas XI-IIS-2 oleh Ibu Rahmi Yunita S.Pd

Penyerahan Nilai Terbaik Kelas XI-IIS-3 oleh Ibu Dewi Asmita S.Pd

Penyerahan juara kelas XII-IPA 1 oleh Ibu Sarmian Sitanggang S.T.

Penyerahan juara kelas XII-IPA 2 oleh Ibu Lisma Nurliza ,S.Pd.

Penyerahan juara kelas XII-IPS 1 oleh Ibu Rachmi ,S.Pd.

Penyerahan juara kelas XII-IPS 2 oleh Ibu Nor’eni ,S.Pd.

Penyerahan juara kelas XII-IPS 3 oleh Bapak Zainal Abidin,S.H.

Penyerahan juara kelas XII-IPS 4 oleh Ibu Rosmaniar,S.Pd

Para juara umum kelas XII dan Perolehan Nilai Terbaik Kelas X dan XI berfoto Bersama Kepala sekolah, Bapak Fezi Karyadi S.Pd.,M.Pd

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *