CETAK PRESTASI DI BIDANG FOTOGRAFI

CETAK PRESTASI DI BIDANG FOTOGRAFI

SMA Negeri 1 Lingga kembali mencetak prestasi. Kali ini siswa bernama lengkap Tio Sepdi Rendi yang masih duduk  di kelas X telah mengikuti kegiatan GRAFFIKA 3 dan meraih pemuncak II. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Pelestarian Nilai dan Budaya (BPNB) Kepri ini mencakup empat wilayah kerja yaitu Kepuluan Riau, Riau, Jambi dan Kepulauan Bangka Belitung. Para siswa yang ikut serta bersaing pada skala provinsi dengan menampilkan foto hasil terbaiknya dari dua pilihan genre yang diangkat yaitu kebudayaan dan sejarah.

Siswa yang disapa dengan nama akrab Rendi ini telah melalui tahap seleksi foto oleh panitia di Tanjungpinang. Rendi mengirimkan tiga karya foto yaitu: 1) Replika Istana Damnah; 2) Makam Bukit Cengkeh; dan 3) Kompleks Benteng dan Meriam Bukit Cening. Melalui bimbingan guru Pembina Ektrakurikuler Karya Ilmiah Remaja (KIR) ibu Nugraheni Dwi Agustin, S.Pd, siswa yang memang hobi mengoperasikan kamera sejak SMP ini mematangkan sinopsis foto untuk melengkapi persyaratan perlombaan.

Rendi mengaku sangat senang dapat terpilih sebagai finalis dan mengikuti kegiatan penerimaan penghargaan dari tanggal 12 s.d 17 November 2018 di Puncak Budget Hotel di kota Pangkalpinang. Keenam kandidat pemuncak atau finalis adalah Muhammad Randa Shafwat (SMA Negeri 1 Singkep), Premzky Hansky ( SMA Negeri 4 Tanjungpinang), Tio Sepdi Rendi (SMA Negeri 1 Lingga), Triwidodo Hadi Saputro ( SMK Negeri 1 Tanjungpinang), Rohadatul Aisy (SMA Negeri 1 Singingi) dan Avif Ziadi ( SMA Negeri 3 Kota Jambi) melakukan presentasi di hadapan juri pada tanggal 16 November 2018 dari pukul 10:00 sd 10:45 WIB.

Saat diwawancara melalui pesan singkat Whatsapps, (19/11/18) motivasi Rendi mengikuti kegiatan ini adalah agar bisa meneruskan hobinya dan ingin bekarir di dunia foto. Ketika ditanya tentang alasannya memilih tema sejarah alasannya ia sangat ingin memperkenalkan situs sejarah di bumi Bunda Tanah Melayu yang ada di Kabupaten Lingga. Selain itu Rendi juga menjelaskan teknik pengambilan gambar yang digunakan yaitu mode potret dengan memilih edit foto hanya crop dan satursi. Menjelang keberangkatanya ia mempersiapkan keperluan pribadinya seperti seragam batik sekolah dan lainnya untuk kegiatan di sana selama satu minggu. Agenda kegitan yang dijalani semua peserta Graffika 3 adalah dua hari sosialisasi dan satu hari untuk presentasi karya foto. Rendi merasa sangat beruntung karena dalam sosialisasi ia mendapatkan ilmu tentang teknik pengambilan gambar dan pengaturan kamera untuk pemula. Kabar gembira ini juga diterima dengan senang hati oleh kedua orangtuanya. Mereka berharap Rendi bisa menjalani kegiatan dengan baik dan terus belajar. Meskipun presentasi bukan merupakan hal yang baru namun tidak menghilangkan rasa groginya.

Selain itu agenda kegiatannya diisi dengan beriwisata ke beebrapa tempat seperti pantai, museum Timah Indonesia dan Alun-alun Taman Merdeka. Rendi sangat bersyukur bisa melewati rangkaian kegiatan dengan baik. Ia pun pulang dengan membawa piala, sertifikat dan hadiah lomba lainnya. Rendi sangat bersemangat karna bisa beraktivitas kembali di sekolah. **NG

Sumber : Nugraheni Dwi Agustin, S.Pd

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*